Artikel kesehatan dan kebugaran tubuh

Mengurangi Kalori dengan Buah dan Sayur

ShutterStock

Penuhi troli belanja dengan buah dan sayuran, dan jadikan menu harian di rumah.

Minggu, 21/3/2010 | 17:38 WIB

KOMPAS.com Makanan yang dikonsumsi setiap hari bisa memperpanjang usia alias membuat awet muda.Namun hal ini hanya terjadi jika Anda mengonsumsi makanan sehat bernutrisi seperti buah dan sayuran. Dan ini dibuktikan milyuner Amerika David Murdoch (85) yang tetap bugar di usia senja.

Sepeninggal istrinya karena kanker, yang diyakini penyebabnya karena asupan makanan dan pola makan tak sehat, Murdoch mengembangkan produksi buah dan sayur dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang tepat.

Ia sendiri membiasakan konsumsi buah dan sayur dengan kombinasi protein seperti telur dan ikan. Ini menjadi rahasianya untuk tetap bugar dalam usia senja. Bahkan Murdoch masih bisa melakukan latihan kardio 60 menit, 50 kali push up, dan tidak pernah flu selama 20 tahun. Ia tak pernah mengonsumsi pil dan aspirin.

Tiru menu sehatnya seperti sarapan dengan oatmeal tanpa gula dengan blueberry dan buah kiwi sebagai menu sehari-hari. Makan siang dilanjutkan dengan omelet putih telur, tentu saja dengan sayuran dan buah. Makan malam, sayur dan ikan. Di sela waktu makan, minum smoothies yang terdiri atas 15 macam buah dan sayuran. Tampilannya mungkin tak sedap dipandang mata, tapi rasanya menyegarkan, kata Murdoch seperti disampaikannya dalam Oprah Winfrey Show edisi “Extreme Life Extension”.

Diet Kalori Bikin Awet Muda

SHUTTERSTOCK

Konsumsi buah tiga kali sehari bisa membantu program bakar lemak.

Minggu, 21/3/2010 | 12:00 WIB

KOMPAS.com – Anda tentu sepakat ketika dikatakan pola dan asupan makanan menjadi sumber segala macam penyakit. Akhirnya penyakit menggerogoti tubuh dan bahkan mengurangi umur Anda.

Salah satu faktor berkurangnya masa hidup disebabkan organ tubuh yang mulai rusak. Pengobatan bisa berbagai rupa, namun pencegahan menjadi cara paling efektif untuk menjaga organ tubuh dan memperpanjang usia.

Diet ketat kalori bisa menjadi salah satu caranya. Mengurangi kalori hingga 1.900 kilo kalori tak hanya menurunkan berat badan, namun bisa memperpanjang umur. Hal ini dibuktikan oleh sejumlah orang di Amerika seperti ditayangkan Oprah Winfrey Show edisi “Extreme Life Extension”, ditayangkan Metro TV pada Sabtu (20/3/2010) lalu.

Pengacara sukses, Joe (50) dinyatakan sehat secara fisik seperti orang berusia 20 tahun. Rahasianya, Joe menjalani diet ketat kalori dengan hanya mengonsumsi salad buah dan sayuran dalam porsi besar saat makan siang, mengurangi gula, dan makanan dengan kalori tinggi. Bahkan kue ulang tahunnya dibuat tanpa gula dan tepung.

Menurut Joe, motivasi kuat dan tujuan untuk kesehatan tubuh menjadi satu-satunya kekuatan untuk tetap konsisten menjalani diet ketat kalori. Bagaimana pun makanan enak yang belum tentu sehat ada dimana-mana, bukan? Meski merasa tergoda, Joe kembali memotivasi dirinya untuk menghindari makanan enak.

Lantas apa positifnya diet ketat kalori? Joe mengaku, tubuhnya lebih bertenaga, bisa bekerja lebih baik dan yang terpenting tekanan darah, gula darah, dan kolesterol, semuanya dinyatakan normal dan stabil.

Pengalaman ini diceritakan juga oleh Paul. Dalam usianya kini (60), Paul merasa muda dan bertenaga. Banyak anggapan jika mengurang kalori Anda akan lemas, namun tak terbukti bagi Paul. Karena justru diet ketat kalori membuat tubuhnya lebih bertenaga. Positifnya lagi, penglihatan Paul dalam usia senja masih terjaga baik.

Meskipun demikian, diet ketat kalori punya risiko. Dr Mehmet Oz, narasumber dalam acara tersebut, menjelaskan jika tidak dijalankan dengan tepat dan benar diet ini berisiko seperti kekurangan zat besi dan terkena anemia. Diet yang tidak tepat juga menyebabkan kekurangan kalisum yang akan melemahkan tulang. Karena itu sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda jika ingin menerapkan diet ketat kalori.

Komitmen kuat untuk tetap konsisten menjalani diet, menjadikannya gaya hidup, bukan sekadar program temporer sekadar ingin menurunkan berat badan, menjadi kunci utamanya.


Mau Langsing cepat ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: